Rabu, 16 Mei 2012

16. Pemeriksaan klakson


 

Klakson berfungsi untuk memberikan peringatan kepada pemakaian jalan di depan Anda, agar memberikan jalan atau berhati-hati. Klakson yang baik tidak boleh terlalu keras suaranya, karena akan mengejutkan pengendara yang lainnya. Tetapi klakson juga tidak boleh terlalu lemah suaranya, karena tidak akan terdengar.

Penggunaan klakson tidak bisa kita anggap sepele, karena banyak angka kecelakaan terjadi karena klakson tidak berfungsi dengan baik. Untuk itu kita perlu melakukan pemeriksaan dan perawatan terhadap klakson.

Ada beberapa hal yang membuat klakson tidak berbunyi dengan baik diantaranya yaitu hubungan klakson dengan sumber listrik pada sepeda motor terputus. Hal ini jelas membuat klakson mati, karena tidak ada arus listrik digunakan untuk menimbulkan kemagnetan pada klakson, dan juga untuk menimbulkan getaran pada membran.

Penyebab lainnya adalah difragma pada klakson sudah kendor dan membuat suara yang ditimbulkan oleh klakson kurang keras. Diafragma kendor ini bisa disebabkan karena usia pemakaian klakson yang sudah lama, atau juga karena penyetelan baut penyetelan klakson yang tidak tepat.

Beberapa keruskan yang sering terjadi pada klakson adalah;

1.Klakson berbunyi terus : Penyebabnya adalah arus listrik mengalir terus ke klakson. Hal ini bisa disebabkan karena relay klakson macet dalam keadaan menutup atau sakelar klakson macet pada keadaan menutup.
 
2.Klakson tidak berbunyi sama sekali : Penyebabnya arus listrik tidak mengalir ke klakson. Hal ini disebabkan sekering putus, kabel rangkaian sistem klakson putus, dan aki kosong atau aki sudah rusak.
 
3.Bunyi klakson kurang keras : Penyebabnya adalah difragama robek, berlubang atau kendor, serta setelan klakson yang tidak tepat.

Langkah - langkah pemeriksaan dan perawatan klakson :
1.Pasang ampere meter secara seri antara klakson dengan tombol klakson.
2.Kendorkan baut penyetel klakson.
3.Putar kunci kontak pada posisi ON.
4.Tekan tombol klakson sambil mengatur kekerasan baut penyetelan klakson. Bunyi   klakson yang baik antara 2-3 ampere.
5.Jika klakson tidak bunyi, lakukan pemeriksaan sebagai berikut : Lepas klakson.   Kemudian sambungkan kedua terminal klakson dengan kabel ke aki. Jika klakson bunyi,   berarti klakson baik.

Selanjutnya mengecek instalasi kabel dari klakson yaitu dengan menggunakan multi tester, untuk mengetahui apakah sirkuit kelistrikannya bekerja dengan baik atau mungkin ada yang putus.

1 komentar:

  1. Mau punya banyak jenis klakson..kami jago nya tentang itu..

    Salam UIK UIK dari kami Sirine Patwal

    Mau tau produk kami ?bisa mampir juga ke Sirine Patwal

    BalasHapus