KOMPONEN - KARBURATOR

KOMPONEN-KOMPONEN KARBURATOR SEPEDA MOTOR


satu per satu bagian dari karburator beserta fungsinya :

1. Mangkok karburator(float chamber)
Berfungsi sebagai penyimpan bahan bakar sementara sebelum digunakan.
2. Klep/jarum pelampung(floater valve)
Berfungsi mengatur masuknya bahan bakar ke dalam mangkuk karburator.
3. Pelampung(floater)
Berfungsi mengatur bahan bakar agar tetap pada mangkuk karburator.
4. Skep/katup gas(throtle valve)
Berfungsi mengatur banyaknya gas yang masuk ke dalam silinder.
5. Pemancar jarum(main nozzle/needle jet)
Berfungsi memancarkan bahan bakar waktu motor di gas, besarnya diatur oleh terangkatnya jarum skep.
6. Jarum skep/jarum gas(Needle jet)
Berfungsi mengaturbesarnya semprotan bahan bakar dari main nozzle pada waktu motor di gas.
7. Pemancar besar(main jet)
Berfungsi memancarkan bahan bakar ketika motor di gas penuh(tinggi)
8. Pemancar kecil/stationer(slow jet)
Berfungsi memancarkan bahan bakar waktu lamsam/stationer.
9. Sekrup gas/baut gas(trhottle screw)
Berfungsi menyetel posisi skep sebelum di gas.
10.Sekrup udara/baut udara(air screw)
Berfungsi mengatur banyaknya udara yang akan dicampur dengan bahan bakar,
11. Katup cuk(choke valve)
Berfungsi menutup udala luar yang akan masuk ke dalam karburator sehingga gas menjadi kaya, digunakan pada waktu start.
Cara kerja dari karburator dimulai pada saat mesin dihidupkan. Saat mesin hidup, mesin mengisap udara luar masuk melalui karburator. Karena kecepatan udara yang memasuki spuyer kecil, maka tekanan udara di permukaan saluran masuk rendah. Sehingga bahan bakar yang memancar melalui spuyer kecil.campuran bahan bakar dan udara akan menghasilkan gas yang nantinya akan dibakar diruang bakar.

 

31 komentar:

  1. Kalo untuk membuat agak boros gimana gan dan tenaga yg di hasilkan lebih besar karna punya saya saya buat adventure...??
    Yamaha alfa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tangki nya di bocorin dikit gan.
      Biar tenaganya nambah agan pasang aja mesin kawasaki ninja RR. Okey ;)

      Hapus
    2. Campur aja bahan bakarnya dengan busa rinso
      Itung" bisa ngilangin ngelitik.. + akselerasi

      Hapus
  2. Beli galardo aja bang kalo mau cepet :v

    BalasHapus
  3. Karburator RX king yang Bagus apa ya?

    BalasHapus
  4. Gak usah pakek seker gan biar cepat

    BalasHapus
  5. Gak usah pakek karburator gan biar cepet

    BalasHapus
  6. kalo spda gk d pake semalam pagix d hidupin n gas kok brebet itu apa kndalax ya gan...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurangnya udara yang masuk,atau bisa jadi busi udah setengah mati

      Hapus
  7. Satria fu ada karetnya kayak matic untuk apa ya

    BalasHapus
  8. Sekrup udara itu kan mengatur banyak nya angin yang akan di campur dengan bahan bakar, bisa di jelaskan kondisi yang terjadi pada motor jika terlalu banyak bahan bakar/kebayakan udara ?

    BalasHapus
  9. Di kerokin kalo kbnyakan udara masuk mah

    BalasHapus
  10. Terima kasih, semoga bermanfaat..

    BalasHapus
  11. Penyebab mesin susah hidup waktu pagi itu (kondisi mesin sehat) adalah kurangnya AFR yang dihasilkan karburator karena saat pagi suhu akan rendah, suhu yang rendah mengakibatkan molekul bahan bakar akan menempel/mengembun di saluran masuk (venturi, intake manifold, skep karbu dsb) oleh karena itu campuran bahan bakar akan menjadi miskin dan mesin susah hidup, dari situ lah tujuan dibuatnya sistem choke yaitu untuk memperkaya jumlah bahan bakar dengan menutup venturi karburator sehingga tekanannya menurun drastis dan menarik lebih banyak bahan bakar. CMIIW��

    BalasHapus
  12. Pakai mesin pesawat gan biar kencang

    BalasHapus