KOMPONEN-KOMPONEN KARBURATOR SEPEDA MOTOR
satu per satu bagian dari karburator beserta fungsinya :
1. Mangkok karburator(float chamber)
Berfungsi sebagai penyimpan bahan bakar sementara sebelum digunakan.
2. Klep/jarum pelampung(floater valve)
Berfungsi mengatur masuknya bahan bakar ke dalam mangkuk karburator.
3. Pelampung(floater)
Berfungsi mengatur bahan bakar agar tetap pada mangkuk karburator.
4. Skep/katup gas(throtle valve)
Berfungsi mengatur banyaknya gas yang masuk ke dalam silinder.
5. Pemancar jarum(main nozzle/needle jet)
Berfungsi memancarkan bahan bakar waktu motor di gas, besarnya diatur oleh terangkatnya jarum skep.
6. Jarum skep/jarum gas(Needle jet)
Berfungsi mengaturbesarnya semprotan bahan bakar dari main nozzle pada waktu motor di gas.
7. Pemancar besar(main jet)
Berfungsi memancarkan bahan bakar ketika motor di gas penuh(tinggi)
8. Pemancar kecil/stationer(slow jet)
Berfungsi memancarkan bahan bakar waktu lamsam/stationer.
9. Sekrup gas/baut gas(trhottle screw)
Berfungsi menyetel posisi skep sebelum di gas.
10.Sekrup udara/baut udara(air screw)
Berfungsi mengatur banyaknya udara yang akan dicampur dengan bahan bakar,
11. Katup cuk(choke valve)
Berfungsi menutup udala luar yang akan masuk ke dalam karburator sehingga gas menjadi kaya, digunakan pada waktu start.
Cara kerja dari karburator dimulai pada saat mesin dihidupkan. Saat mesin hidup, mesin mengisap udara luar masuk melalui karburator. Karena kecepatan udara yang memasuki spuyer kecil, maka tekanan udara di permukaan saluran masuk rendah. Sehingga bahan bakar yang memancar melalui spuyer kecil.campuran bahan bakar dan udara akan menghasilkan gas yang nantinya akan dibakar diruang bakar.
Kalo untuk membuat agak boros gimana gan dan tenaga yg di hasilkan lebih besar karna punya saya saya buat adventure...??
BalasHapusYamaha alfa
Tangki nya di bocorin dikit gan.
HapusBiar tenaganya nambah agan pasang aja mesin kawasaki ninja RR. Okey ;)
Campur aja bahan bakarnya dengan busa rinso
HapusItung" bisa ngilangin ngelitik.. + akselerasi
Ga usah pake tangki gan
HapusBgus gan
BalasHapusmasuk akal juga tuuu
Hapusmasuk akal juga tuuu
HapusBeli galardo aja bang kalo mau cepet :v
BalasHapusKarburator RX king yang Bagus apa ya?
BalasHapusPe 30
HapusBahan bakarnya rebusan pembalut gan 😊 biar larinya cepet ngeng
HapusYg ORI aja kang
HapusGak usah pakek seker gan biar cepat
BalasHapusGak usah pakek karburator gan biar cepet
BalasHapuskalo spda gk d pake semalam pagix d hidupin n gas kok brebet itu apa kndalax ya gan...?
BalasHapuskurangnya udara yang masuk,atau bisa jadi busi udah setengah mati
HapusKeren
BalasHapusSatria fu ada karetnya kayak matic untuk apa ya
BalasHapusUntuk menambah cita rasa tahu goreng
HapusMantap
BalasHapusSekrup udara itu kan mengatur banyak nya angin yang akan di campur dengan bahan bakar, bisa di jelaskan kondisi yang terjadi pada motor jika terlalu banyak bahan bakar/kebayakan udara ?
BalasHapusBrebet gan
HapusBakar aja motor nya
BalasHapusDi kerokin kalo kbnyakan udara masuk mah
BalasHapusTerima kasih, semoga bermanfaat..
BalasHapusPenyebab mesin susah hidup waktu pagi itu (kondisi mesin sehat) adalah kurangnya AFR yang dihasilkan karburator karena saat pagi suhu akan rendah, suhu yang rendah mengakibatkan molekul bahan bakar akan menempel/mengembun di saluran masuk (venturi, intake manifold, skep karbu dsb) oleh karena itu campuran bahan bakar akan menjadi miskin dan mesin susah hidup, dari situ lah tujuan dibuatnya sistem choke yaitu untuk memperkaya jumlah bahan bakar dengan menutup venturi karburator sehingga tekanannya menurun drastis dan menarik lebih banyak bahan bakar. CMIIW��
BalasHapusTerima kasih👍
BalasHapusOke
BalasHapusPakai mesin pesawat gan biar kencang
BalasHapusKunjungi JAGO BENGKEL untuk mengetahui pengertian dan cara kerja karburator sepeda motor .
BalasHapusBelajar teknik PDR dengan 3 metode pengerjaan bodi penyok
BalasHapus