Rabu, 16 Mei 2012

1. Cara memeriksa dan mengganti oli mesin motor


Letakkan skuter di atas standard utamanya di atas tanah mendatar.
Hidupkan mesin dan biarkan berputar stasioner selama
3-5 menit.
Matikan mesin dan tunggu selama 2-3 menit. 
Lepaskan oil filler cap/dipstick
(tutup pengisian oli/tangkai pengukur) dan bersihkan oli dari dipstick
dengan kain bersih.
Masukkan oil filler cap/dipstick tanpa menyekrupkannya
ke dalam, lepaskan dan periksa tinggi permukaan oli.
Tinggi permukaan harus antara garis tinggi permukaan
"UPPER" (TERATAS) dan "LOWER" (TERBAWAH) dari
oil filler cap/dipstick. 
Jika tinggi permukaan oli berada di bawah atau dekat
garis tinggi permukaan terbawah dari dipstick, 
tambahkan oli yang dianjurkan sampai ke tinggi permukaan teratas.

-     PENGGANTIAN OLI 
Ganti oli mesin sewaktu mesin dalam keadaan panas dan skuter di atas tanah mendatar untuk
memastikan pengeluaran secara menyeluruh.
Setelah itu Letakkan skuter pada standard utamanya.
Hidupkan mesin, panaskan dan matikan.
Lepaskan oil filler cap/dipstick.
Letakkan loyang pembuangan oli di bawah mesin untuk
mengumpulkan oli, dan lepaskan oil drain bolt dan sealing washer.
Jalankan kickstarter dengan pelan dan keluarkan oli mesin.
Setelah mengeluarkan oli secara menyeluruh, pasang sealing washer baru dan oil drain bolt.
Kencangkan drain bolt dengan torsi yang ditentukan.
Isi crankcase dengan oli mesin yang dianjurkan.
KAPASITAS OLI MESIN:
   0,7 liter   pada penggantian periodik
   0,8 liter   setelah pembongkaran mesin
Periksa tinggi permukaan oli
Pastikan bahwa tidak ada kebocoran oli.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar